Gabby Thomas Menangkan Emas Lari 200 Meter Perempuan

Bagikan

Gabby Thomas akhirnya berhasil meraih medali emas pada Olimpiade setelah memenangkan kategori lari 200 meter perempuan di Olimpiade 2024 ini. Thomas, yang sangat-sangat diunggulkan pada Olimpiade kali ini, membalaskan kekalahannya di Olimpiade 2020 lalu. Saat itu, dia hanya berhasil meraih medali perunggu.

Gabby Thomas Menangkan Emas Lari 200 Meter Perempuan
Gabby Thomas sesaat setelah melintasi garis finis.

 

Terbantu Absennya Beberapa Pesaing Berat

Kemenangan Thomas ini sebenarnya sedikit terbantu dari sebelum lomba. Pertama, kedua pelari yang finis di depan Thomas saat Olimpiade 2020 lalu mengalami masalahnya sendiri. Peraih medali emas, Elaine Thompson-Herah, tidak bisa berpartisipasi. Hal ini karena cedera yang dia alami di bagian tendon achilles-nya sebelum menjalani Kualifikasi Olimpiade di Jamaika. Lalu, peraih medali perak, Christine Mboma (yang berasal dari Namibia), belum bertanding secara kompetitif setelah gagal dalam sebuah tes testosteron di tahun 2022. Selain mereka, ada juga Juara Dunia lari 200 meter perempuan, Shericka Jackson (yang juga berasal dari Jamaika) yang juga mengalami cedera beberapa pekan sebelum turnamen dimulai.

Pada saat lomba, Julien Alfred dari St. Lucia, yang membuat sejarah untuk negara tersebut saat memenangkan medali emas di kategori lari 100 meter perempuan, sebenarnya memulai lebih baik. Namun, kemampuan Thomas dalam pertengahan lomba membuat Thomas memiliki keunggulan dibandingkan Alfred. Akhirnya, dengan catatan waktu 21,83 detik, Thomas berhasil mengalahkan Alfred, yang finis dengan catatan waktu 22,08 detik, untuk memenangkan medali emas. Brittany Brown, lawan satu negara Thomas, finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 22,20 detik untuk merebut medali perunggu.

Gabby Thomas Menangkan Emas Lari 200 Meter Perempuan
Momen Gabby Thomas melewati garis finis.

 

Thomas tidak mampu menahan kebahagiannya setelah melewati garis finis. Saat diwawancara kemudian, dia mengatakan, “Aku tidak pernah membayangkan akhirnya bisa menjadi peraih medali emas Olimpiade. Aku masih sedikit tidak percaya.” Thomas mengatakan bahwa ini adalah kemenangan favoritnya. “Sudah enam tahun aku mengusahakan kemenangan ini. Rasanya luar biasa.”

Selanjutnya bagi Thomas

Sayangnya, ini akan menjadi penampilan satu-satunya Thomas di Olimpiade 2024 ini. Dia sebenarnya bisa saja mengikuti kategori lari 400 meter perempuan, tetapi dia memutuskan untuk tidak mengikutinya untuk fokus ke kategori lari 200 meter perempuan. Sepertinya keputusan yang benar, karena dia sekarang sudah punya medali emas Olimpiade di tangannya.

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.